Rabu, 30 Maret 2016

Kota malang

Malang, adalah salah satu kabupaten dan kota di Jawa Timur yang terletak di dataran tinggi, berjarak 90 Km dari Kota Surabaya. Karena letaknya yang tinggi, kota ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk dikunjungi.

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan dikenal dengan julukan kota pelajar, atau banyak juga yang menjuluki sebagai Kota Bunga. Tidak bisa dipungkiri, karena lokasi alam yang dingin serta banyak lahan yang masih hijau, kota Malang pantas pula di juluki sebagai Kota Bunga. Disamping itu, beberapa obyek dengan tema agrowisata banyak dijumpai di Malang.


Selain itu malang juga memiliki kesenian budaya  yang juga terkenal yaitu tari topeng, sayangnya tari topeng ini sudah jarang kita jumpai pertunjukannya.  akan tetapi untuk museum Buah tangan yang sangat berkesan ketika berkunjung ke kota Malang salah satunya adalah topeng Malang. Oleh-oleh ini bisa didapatkan di beberapa galeri topeng di Malang, salah satunya di Jl Sumbersari tepatnya depan Kampus UIN Maliki Ibrahim Malang. Atau jika ingin mendapatkan buah tangan khas Malang dan inngin tahu proses pembuatan ndan seluk beluk tentang kesenian ini, dapat langsung berkunjung ke Kedung Monggo-Pakisaji. Di sini, Mas Handoyo (penerus mbah Karimun) yang akan bercerita banyak tentang aset budaya Malang ini. Dan harga miring bisa didapatkan karena langsung dari pengrajinnya sekitar Rp 75.000,- s/d Rp 400.000,- dengan kualitas handmade yang tidak diragukan lagi.
Berikut akses transportasi menuju Kedung Monggo- Pakisaji. Jika dari pusat kota Malang, membutuhkan waktu sekitar 1jam dengan kendaraan pribadi. Jadi dengan sedikit informasi sederhana ini langkah yang diambil untuk melestarikan kesenian ini semoga tepat sasaran. Sehingga wisatawan maupun masyarakat kita tidak hanya tahu aksesoris ini dicetak di plastik tanpa melihat bentuk kayu salinya, dipresentasikan di luar kota tanpa tahu alamat pengrajinnya ini semua hanya untuk menjaga warisan budaya, mempertahankan budi pekerti bangsa. so selamat berwisata dan belajar tentang budaya Malang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger