Rabu, 30 Maret 2016

Entrepreneur.


        Sebagai mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis berwirausaha secara mandiri adalah sebagai sebuah tanggung jawab. Mengapa demikian? Karena setiap mata kuliah yang di tempuh selalu berhubungan dengan dunia usaha, selain itu kegiatan berwirausaha akan menjadi proses pembelajaran bagi mahasiswa.
Sebagai contoh saya disini telah menjalankan bisnis, tepatnya usaha kopi bubuk. usaha kopi bubuk ini adalah sebagai sarana pembelajaran bagi saya untuk menerapkan apa yang telah saya peroleh di kegiatan kuliah yang selama ini saya tempuh. Usaha kopi bubuk ini memiliki segmen pasar yang terdiri dari warung kopi sampai orang pribadi. Alasan mengapa saya memilih usaha kopi bubuk adalah kota Malang sebagai kota pelajar. Dengan begitu, banyak sekali anak muda yang berada di kota Malang dan itu menjadi market bagi saya sebagai pelaku usaha.
Berikut ini adalah gambaran mengenai usaha yang sedang saya jalani saat ini:

Visi
Menjadikan bisnis  kopi yang menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas dengan cita rasa terbaik di tingkat daerah dan menjadi salah satu prosdusen penghasil bubuk kopi no 1 di MALANG

Misi
      Menghasilkan produk yang akan menjadi produk unggulan
      Menyediakan berbagai jenis produk – produk yang akan menjadi pilihan konsumen dengan cita rasa terbaik dan harga terjangkau serta ketersediaan stock produk
      Mampu membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan skill karyawan baik di bidang produksi maupun pemasaran

Tujuan
Tujuan untuk melakukan bisinis ini adalah sebagai upaya saya untuk belajar berwirausaha, untuk mendapatkan hasil keuntungan yang bermafaat bagi kelangsungan hidup selain itu juga untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Strategi
1.     Segmen pasar
Usaha kopi bubuk ini memiliki segmen pasar yang terdiri dari warung kopi sampai orang pribadi.produk ini juga harus mengikuti tren pasar saat ini dengan cara membuat kemasaan produk yang menarik pembeli.
2.     Harga
Harga produk ini bersaing dengan yang lainnya
dengan harga Rp 48.000 per kg atau Rp 12.000 untuk ¼ kg
3.     Strategi pemasaran
Strategi pemasaran dilakukan dengan mendistribusikan produk tersebut keberbagai daerah terutama daerah dengan suhu udara dingin karena minuman kopi sangat cocok didaerah tersebut.selian itu perlu dipasang sebuah iklan di sosial media supaya  produk ini lebih dikenal banyak orang.

Penyusunan program
1.     Desain dalam bisnis ini yang paling utama adalah bahan baku berupa kopi setelah itu kita siapkan tempat untuk mesin penggiling,oven dan penjemuran kopi.supaya produk ini berjalan terus maka kita harus melakukan penimbunan bahan baku karena pohon kopi tidak bisa berbuah secara terus menerus tetapi hanya dapat berbuah dalam jangka satu tahun sekali.
2.     Teknologi
Teknologi yang digunakan adalah teknologi sederhana yang tepat guna.
3.     Keunikan
Keunikan produk ini adalah dari segi rasa karena rasa adalah segalanya. Rasa dari produk ini berbeda dengan yang lain karena bubuk asli tanpa campuran sama sekali.
4.     Daya saing

Untuk meningkatkan daya saing dipasaran maka kami akan menawarkan bubuk kopi asli ini dengan menyatakan bahwa bubuk kopi ini tidak mengandung campuran-campuran sama sekali seperti dicampur dengan beras atau jagung.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger