Sebagai
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis berwirausaha secara mandiri adalah
sebagai sebuah tanggung jawab. Mengapa demikian? Karena setiap mata kuliah yang
di tempuh selalu berhubungan dengan dunia usaha, selain itu kegiatan
berwirausaha akan menjadi proses pembelajaran bagi mahasiswa.
Sebagai
contoh saya disini telah menjalankan bisnis, tepatnya usaha kopi bubuk. usaha
kopi bubuk ini adalah sebagai sarana pembelajaran bagi saya untuk menerapkan
apa yang telah saya peroleh di kegiatan kuliah yang selama ini saya tempuh.
Usaha kopi bubuk ini memiliki segmen pasar yang terdiri dari warung kopi sampai
orang pribadi. Alasan mengapa saya memilih usaha kopi bubuk adalah kota Malang
sebagai kota pelajar. Dengan begitu, banyak sekali anak muda yang berada di
kota Malang dan itu menjadi market bagi saya sebagai pelaku usaha.
Berikut ini adalah
gambaran mengenai usaha yang sedang saya jalani saat ini:
Visi
Menjadikan
bisnis kopi yang menghasilkan bubuk kopi
yang berkualitas dengan cita rasa terbaik di tingkat daerah dan menjadi salah
satu prosdusen penghasil bubuk kopi no 1 di MALANG
Misi
• Menghasilkan
produk yang akan menjadi produk unggulan
• Menyediakan
berbagai jenis produk – produk yang akan menjadi pilihan konsumen dengan cita
rasa terbaik dan harga terjangkau serta ketersediaan stock produk
• Mampu
membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan skill karyawan baik di bidang
produksi maupun pemasaran
Tujuan
Tujuan
untuk melakukan bisinis ini adalah sebagai upaya saya untuk belajar
berwirausaha, untuk mendapatkan hasil keuntungan yang bermafaat bagi
kelangsungan hidup selain itu juga untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru.
Strategi
1. Segmen
pasar
Usaha kopi bubuk ini memiliki segmen pasar yang terdiri dari warung
kopi sampai orang pribadi.produk ini juga harus mengikuti tren pasar saat
ini dengan cara membuat kemasaan produk yang menarik pembeli.
2. Harga
Harga produk ini bersaing dengan yang lainnya
dengan harga Rp 48.000 per kg atau Rp 12.000 untuk ¼ kg
3. Strategi
pemasaran
Strategi pemasaran dilakukan dengan mendistribusikan
produk tersebut keberbagai daerah terutama daerah dengan suhu udara dingin
karena minuman kopi sangat cocok didaerah tersebut.selian itu perlu dipasang
sebuah iklan di sosial media supaya produk
ini lebih dikenal banyak orang.
Penyusunan program
1. Desain
dalam bisnis ini yang paling utama adalah bahan baku berupa kopi setelah itu
kita siapkan tempat untuk mesin penggiling,oven dan penjemuran kopi.supaya
produk ini berjalan terus maka kita harus melakukan penimbunan bahan baku karena
pohon kopi tidak bisa berbuah secara terus menerus tetapi hanya dapat berbuah
dalam jangka satu tahun sekali.
2. Teknologi
Teknologi
yang digunakan adalah teknologi sederhana yang tepat guna.
3. Keunikan
Keunikan produk ini adalah dari segi rasa karena rasa adalah
segalanya. Rasa dari produk ini berbeda dengan yang lain karena bubuk asli
tanpa campuran sama sekali.
4. Daya
saing
Untuk
meningkatkan daya saing dipasaran maka kami akan menawarkan bubuk kopi asli ini
dengan menyatakan bahwa bubuk kopi ini tidak mengandung campuran-campuran sama
sekali seperti dicampur dengan beras atau jagung.
0 komentar:
Posting Komentar